Thursday 19 March 2015

Memaknai Film Eksperimental


Penulis: Arief Budiman

Jika mendengar kata eksperimen maka yang akan terbesit di pikiran kita adalah suatu percobaan, namun eksperimen bukan hanya istilah pada bidang kedokteran atau ilmiah saja, pada dunia film juga memiliki istilah eksperimen. Menurut sejarahnya, film eksperimental berawal dari kejadian di Eropa pada tahun 1920 (tahun ini dianggap sebagai era keemasan pertama sinema dunia selain pada periode hebat lainnya di dekade 1960-an sampai pertengahan tahun 1970-an yang dipandang sebagai periode ke dua), di tahun itu film dianggap sebagai perantara dan keinginan untuk melawan film yang digunakan sebagai media massa yang menghibur saja tetapi tidak mendidik, serta di tahun itu gerakan visual avant-grade (garda depan, perlawanan terhadap batas-batas apa yang diterima sebagai norma dalam suatu kebudayaan) berkembang dan film sudah mulai tercampur dengan unsur surealis dan dadais. Kemudian Fernand Leger, Dudly Murphy dan Man Ray membuat film eksperimental dengan judul Ballet Mecanique pada tahun 1924. Kemudian para seniman surealis dan dadaisme mulai tertarik pada medium film dan membawa ideologi mereka ke dalam karya mereka masing-masing. Seniman surealis terkemuka Salvador Dali dan Luis Bunuel mengangkat popularitas aliran sinema surealis melalui Un Chien Andolou, seniman dadais Marchel Duchamps juga ikut membuat karya dengan film sebagai medianya. Selain itu sinema ekspresionis di Jerman, impresionis di Perancis, serta gerakan montase Soviet juga ikut berkembang.
Sedikit penjelasan tentang avant-garde atau garda depan, salah satu wacana seni modern yang umumnya kerap digunakan terhadap terobosan-terobosan dalam seni rupa yang muncul menjadi sebuah agenda kritik dan perlawanan dari seniman terhadap sejarah peradaban (Barat) pasca perang dunia I dengan obsesi menciptukan sebuah dunia baru. Dalam sejarah perkembangannya istilah avant-garde muncul pertama kali pada abad ke-4 sebelum masehi dalam kosa kata militer, tentang fungsi dari bagian avant-garde dalam pasukan gajah yang berperan untuk mengantisipasi bahaya dari perlawanan dari sesuatu yang tidak diketahui dan mendesak yang akan berkorban secara heroik. Kemudian istilah yang kedua muncul pada abad ke-18 pada revolusi Perancis, yang berupa perkembangan dalam ide-ide dan prinsip-prinsip utama tentang kebebasan yang mengharuskan dilakukannya revolusi. Istilah yang ketiga muncul dalam kosa kata pemikir estetika tahun 1820 yang tergabung dalam lingkaran Saint Simonian, yang menegaskan bahwa seni harus menjadi garda depan dari masyarakat, di mana pada prinsipnya sangat jelas bahwa avant-garde selalu melawan di bidang seni dengan cara berperang menuju yang lebih baik.
Film eksperimental tidak memiliki plot namun tetap memiliki struktur. Strukturnya sangat dipengaruhi oleh insting subyektif sineas seperti gagasan, ide, emosi, serta pengalaman batin mereka. Film eksperimental juga umumnya tidak bercerita tentang apapun bahkan kadang menentang kausalitas, seperti yang dilakukan para sineas surealis dan dadais. Film-film eksperimental umumnya berbentuk abstrak dan tidak mudah dipahami. Hal ini disebabkan karena menggunakan simbol-simbol personal yang mereka ciptakan sendiri. Secara singkat film eksperimental dianggap sebagai ekspresi sangat pribadi dan personal dalam menggunakan medium film bersifat non-komersial, dan dalam mencari kekhususan film selalu berdialog dengan medium lainnya.
Film dibagi menjadi tiga jenis, yaitu dokumenter, fiksi, dan eksperimental. Film-film dengan aliran seperti surealis, impresionis, ekspresionis, dan lain-lain digolongkan ke dalam jenis film eksperimental. Karena seperti yang sudah dijelaskan di awal itu adalah satu bentuk percobaan, namun bukan coba-coba, melainkan seniman berusaha memasukkan hal baru ke dalam film demi membuat suatu karya film yang lebih menarik. Seperti yang dikatakan oleh salah satu sineas Yogyakarta, Senoaji Julius, “film eksperimental bisa dibilang adalah suatu bentuk usaha oleh seniman dengan mencoba memasukkan hal baru yang belum pernah dicobanya pada karya-karya sebelumnya demi menghasilkan suatu karya yang inovatif”.
Dalam pengertian sebelumnya bahwa film eksperimental lekat dengan istilah absurd atau bisa dibilang sureal. Karena film sureal termasuk ke dalam salah satu film eksperimental, tidak lantas para seniman yang membuat film itu, membuatnya secara begitu saja dan kita menganggapnya sebagai suatu ke-absurd-an. Justru para seniman membuatnya berdasarkan keresahan-keresahan yang dialaminya pada realita kehidupan sehari-hari yang dianggapnya menjadi absurd karena hal-hal tertentu, seperti yang dikatakan oleh M. Dwi Marianto dalam bukunya Surealisme Yogyakarta, “Di Indonesia yang didefinisikan sebagai helm benar-benar sureal. Hal ini dikarenakan tujuan undang-undang tersebut bukanlah mengurangi tingkat kematian dan kecelakaan, tetapi mengumpulkan denda dari para pelanggar. Hampir tidak seorangpun yang bisa membeli helm yang beneran, penguasa mengerti hal ini, sehingga terjadilah kesepakatan yang surreal. Pengendara sepeda motor diperintahkan untuk mematuhi undang-undang yang menuruh mereka untuk memakai pelindung kepala yang sama sekali tidak efektif, di antaranya adalah helm proyek, pot tanaman yang terbuat dari plastik, buah melon separuh, kantung plastik, dan kotak kardus. Tampaknya ini cukup membuat polisi puas”.
Satu keasikan tersendiri yang dimiliki oleh jenis film ini, terlebih dapat membuka pemikiran para sineas ataupun mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di bidang perfilman yang hanya berkutat pada sisi teknis atau akademis, bahwa terdapat satu genre di dalam film yang membebaskan film maker tersebut berkonsep dengan cara tutur penceritaannya sendiri di sebuah film, sekalipun hal tersebut tidak ada dalam realitas kehidupan. Film maker bisa bebas berekspresi dengan didasari oleh pemikiran dan konsep yang kuat. Dalam pembuatannya sebenarnya tidak ada teknik pasti karena film eksperimental mempunyai suatu ciri khas, yaitu tergantung bagaimana si pembuat mengekspresikan pikirannya ke dalam sebuah film. Banyak cara untuk mengungkapkan gagasannya, dapat melalui artistiknya, adegannya, pengambilan gambarnya atau bahkan pengambilan suaranya sekalipun. Namun yang patut digaris bawahi adalah, para pembuatnya biasanya memasukan simbol-simbol yang dibuatnya untuk menggambarkan pikiran mereka. Berikut adalah beberapa contoh film eksperimental:

- Genre Sub Genre












Sutradara                : Yosep Anggi Noen
Produser                 : Arya Sweta
Penulis                    : Yosep Anggi Noen
Durasi                     : 12 menit
Tahun Produksi      : 2014
Negara                    : Indonesia

Film ini merupakan projek dari Museum Nusa Tenggara Timur yang berisi gabungan film dan foto yang digabungkan menjadi satu. Film ini bersumber dari arsip-arsip yang dimiliki oleh museum, yang diolah dan menjadi sebuah ramalan terhadap Nusa Tenggara Timur di masa mendatang.
Terdapat suatu konsep yang menarik di dalam menggambarkan apa yang menjadi ramalan sang sutradara. Terdapat satu rel kereta di tengah lahan bermain anak-anak dan kemudian rel itu dilewati oleh kereta api. Seperti yang kita ketahui bahwa di Nusa Tenggara Timur tidak ada kereta api. Namun dalam menceritakan ramalannya, sang sutradara menggabungkan dalam satu frame gambar hal yang sebenarnya tidak mungkin berada di sana dengan hal yang memang benar-benar terjadi di sana, sebagai bentuk ramalannya tentang pembangunan yang akan terjadi di Nusa Tenggara Timur.
  
- Doodle Bug














Sutradara               : Christopher Nolan
Produser                 : Emma Thomas & Steve Street
Penulis                   : Christopher Nolan
Durasi                    : 3 menit
Tahun Produksi      : 1997
Negara                   : Inggris

Film ini merupakan sebuah karya eksperimental dari sutradara Christopher Nolan yang berdurasi sangat pendek yaitu tiga menit. Terlihat seorang pria pada satu ruangan yang membawa sepatu dan memukul-mukul sesuatu yang bergerak dan bersembunyi di bawahnya, ketika berhasil menangkapnya ia lalu melihat dan ternyata itu adalah dirinya yang lebih kecil. Dan ketika ia memukulnya menggunakan sepatu ternyata di belakangnya ada dirinya lagi yang lebih besar yang siap memukulnya.
Konsep yang dihadirkan oleh Nolan sungguh menarik, ia menghadirkan suatu bentuk manusia dan adegan yang berulang-ulang dengan perbedaan ukuran objeknya. Bisa diartikan bahwa kita bukanlah apa-apa masih ada yang lebih besar dari kita sehingga kita tidak boleh memperlakukan seseorang dengan seenaknya atau menganggap rendah seseorang. Atau bisa diartikan bahwa apa yang kita perbuat maka itu juga yang akan kita dapatkan.

- Rocket Rain













Sutradara               : Anggun Priambodo
Produser                 : Meiske “Dede” Taurisia
Penulis                   : Tumpal Christian Tampubolon
Durasi                    : 99 menit
Tahun Produksi      : 2014
Negara                   : Indonesia

Film ini bisa dibilang sebuah film surealis, karya eksperimental dari Anggun Priambodo yang jika dilihat dari perjalanan karirnya ia sering membuat karya video art. Film ini sangat personal, bahkan dua tokoh inti yang ada di dalam film ini dimainkan oleh dirinya sendiri bersama dengan Tumpal (scriptwriter) untuk memperkuat sebuah adegan yang natural dan penyampaianya kepada penonton, sekalipun ini bukan sebuah film realis. Di dalam filmnya ini, Anggun menghadirkan banyak sekali penyimbolan-penyimbolan yang dibuatnya melalui dialog-dialog antar tokoh maupun elemen-elemen visual yang ada di film ini. Film ini benar-benar menceritakan tentang apa yang dibicarakan laki-laki jika sedang mengobrol, banyak hal juga yang dimasukkan sebagai satire seperti kepercayaan tentang mitos dan kepercayaan kita tentang tayangan televisi seperti contohnya mitos lidah buaya dan acara yang menghadirkan 10 perceraian teraneh di dunia. Percakapan dan pikiran laki-laki pasti salah satunya tentang seks, cara pikiran seperti itu kemudian divisualkan oleh Anggun dalam film ini pada adegan ketika Tumpal melihat supirnya sedang makan berdua di meja makan bersama istrinya, seketika gambar berubah menjadi hubungan intim antar si supir dan istrinya di atas meja makan. Dengan begitu ekspresifnya, Anggun memvisualkan secara blak-blakan apa yang dipikirkan oleh seorang laki-laki di dalam satu frame gambar yang sama antara realitas dan khayalan. Banyak penyimbolan lain seperti bunga-bunga yang disebut sebagai vagina oleh mereka, lalu tikus mati yang ukurannya lebih besar dari mereka, sampai pada akting Anggun yang menjadi seekor kura-kura kemudian tiba-tiba bertelur di sebuah pinggiran pantai. Film ini termasuk baik dalam mengungkapkan sisi personal, kejujuran, serta ke-ekspresif-an sang sutradara dalam mengemas film ini dengan menggunakan penyimbolan-penyimbolannya.
Beberapa karya di atas merupakan contoh karya film eksperimental. Jika di dunia seni rupa ada fine art (seni murni), maka di film, ada eksperimental, jadi bisa dibilang eksperimental adalah bentuk fine art-nya film. Namun di dalam televisi, sekalipun itu adalah sebuah program film, tidak ada eksperimental, tidak ada fine art. Bukan karena tidak ada hal yang unik, bagus, atau indah, melainkan televisi adalah sebuah media massa dan memiliki sisi komersil yang tinggi. Sebagai media massa televisi secara otomatis akan ditonton oleh banyak orang karena sifatnya tersebut, dari berbagai macam orang, berbagai macam lapisan, dan yang terpenting adalah berbagai macam ideologi. Karena dalam sebuah karya eksperimental terkadang mengandung dan membicarakannya secara 'berlebih' SARA di dalamnya, dan peredaran film jenis ini biasanya melalui sebuah pameran atau pun festival-festival film. Di mana biasanya penotonnya sudah mengerti tentang apa ini, atau keterbukaan pikiran tentang sebuah karya seni, dan jika terdapat hal yang menimbulkan perbedaan pendapat, itu bisa dilakukan secara diskusi langsung. Sedangkan pada televisi, mereka tidak mungkin menampilkan karya yang membicarakan SARA dengan tingkat yang 'lebih', dan jika itu ditampilkan, kebanyakan masyarakat Indonesia tidak memiliki keterbukaan dalam memaknai sebuah karya seni. Apalagi kita tidak bisa mengontrol secara langsung siapa dan berapa umur yang menonton program tersebut, walaupun terdapat sebuah simbol yang menandakan bahwa itu adalah acara bukan untuk anak-anak. Bukan salah dari sebuah karya seni jika membicarakan unsur SARA dengan didasari konsep yang kuat, yang menjadi masalah adalah masyarakat Indonesia belum bisa membuka pikiran mereka dan lebih memenangkan otot dibandingkan sebuah diskusi. Sebuah karya tidak bisa menjadi karya jika di dalam televisi terlalu terikat oleh banyak peraturan yang mengekang kebebasan untuk berekspresi. Seperti yang dikatakan oleh Krisna Murti, “tidak ada fine art di dalam televisi, bukanlah seni media rekam melainkan seni media baru”. Selain itu pada dunia televisi lebih mementingkan komersil dibandingkan sebuah idealis dalam berkarya atau membuat satu program acara, karena itu adalah sebuah tuntutan industry, tuntutan perputaran uang. Di mana mereka dituntut untuk membuat acara yang akan disenangi oleh para penontonnya, dengan seperti itu mereka akan mendapatkan banyak uang yang datang dari sponsor dan iklan. Bukan malahan memberikan sesuatu yang penonton butuhkan dalam setiap program acaranya. Kebebasan berekspresi dan membuat sesuatu yang membuka pikiran masyarakat menjadi tidak bisa dilakukan karena kekangan dari komersil.
Jika pergerakan kamera yang swing pada sebuah acara panggung di televisi, atau penempatan 36 kamera di lapangan sepak bola pada pergelaran sepak bola piala dunia dianggap sebagai fine art-nya televisi, itu jelas-jelas salah. Dilihat ulang dalam pengertian dasar fine art dalam bahasa Indonesia adalah seni murni, seni yang memberikan kebebasan untuk berekspresi, mengesampingkan sisi fungsionalis. Dan yang dilakukan oleh kamerawan pada acara televisi adalah dalam rangka sisi fungsionalis. Mereka memberikan kamera swing untuk memberikan gambaran megah panggung dan mendukung performance yang sedang dilakukan di panggung itu. Sedangkan pada penempatan 36 kamera di lapangan pada sepak bola piala dunia tidak lain adalah untuk memberikan banyak sisi penglihatan pada pergerakan bola kepada para penonton layar kaca. Dalam arti lain adalah untuk memanjakan mata para penonton layar kaca gerak detail dari keseluruhan yang ada di lapangan tersebut karena mereka tidak bisa melihat langsung di lapangan. Mereka tidak bisa berekspresi dalam mengoperasikan kamera, mereka tidak bisa membuat framing gambar dengan keinginan mereka, semua yang tercipta hanya framing dasar dalam sebuah ilmu pengambilan gambar, tak bisa seenaknya mereka membuat gambar yang tiba-tiba berputar atau gambar yang miring terus menerus dalam acara televisi, karena yang ada mereka akan dimarahi oleh atasan, mereka selalu mengambil gambar dengan perintah-perintah dari atasan, yang intinya mereka melakukannya di bawah perintah dan untuk sisi fungsionalis, dua hal yang bukan termasuk ke dalam fine art, jadi tidak ada fine art di dalam televisi. Bahkan tidak hanya bidang industri pertelevisian saja, pada instuisi yang mengajarkan tentang televisi sekalipun yang mempunyai instuisi seni, tidak bisa membawa fine art ke dalamnya. Itu adalah sebuah kesalahan memasukan ilmu televisi ke dalam ranah instuisi seni, seharusnya mereka digolongkan ke dalam lembaga yang mempelajari broadcasting karena memang itulah televisi. Yang pada akhirnya ilmu-ilmu yang diajarkan tidak jauh berbeda dengan apa yang diajarkan oleh lembaga broadcasting, dan menjadi tidak berguna label seni tadi. Tidak ada eksperimental di dalam televisi, tidak ada fine art di dalam televisi. Yang lebih menyedihkannya adalah di beberapa perguruan tinggi seni tidak ada keterbukaan pikiran untuk mempelajari sesuatu yang baru dalam ranah ilmu pengetahuan di bidang audio visual di sebuah instuisi seni. Mereka tidak memberikan sebuah ilmu baru kepada mahasiswanya untuk membuka wawasan. Mereka tidak terbuka dalam mengapresisasi berbagai karya audio visual, contohnya adalah karya audio visual yang memiliki konten sensitif. Padahal itu bukanlah suatu masalah karena sejatinya kampus merupakan tempat untuk belajar dan diskusi, semua hal menjadi netral dan tidak ada yang sensitif, karena di kampus merupakan ranah ilmiah. Tempat yang seharusnya memberikan kebebasan untuk setiap ilmunya, justru bersifat memilih dan tidak terbuka dalam menerima ilmu baru, sungguh menjadi ironi tersendiri.
Film eksperimental merupakan sebuah bentuk ekspresi, bentuk protes, atau bentuk usaha untuk menjadi sebuah film yang menghadirkan kecerdasan, menghadirkan pembaruan selain dari fungsi film sebagai hiburan, begitulah paradigma minimal yang harusnya dimiliki oleh kita.


Daftar Pustaka 

-       M. Dwi Marianto, Surealisme Yogyakarta, Rumah Penerbit Merapi: 2001, Yogyakarta

1 comment: