Saturday 28 February 2015

(((SEGERA CETAK)))


Akhirnya setelah beberapa bulan menunggu. Projek ini selesai juga dengan rasa kegembiraan dan suka duka yang bercampur. Semoga apa yang telah kami kerjakan selama ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Dan berikut ini adalah tulisan singkat mengenai projek fiksi pendek,

Menulis cerita pendek merupakan upaya kami untuk memperlihatkan dan menyatakan berbagai macam imajinasi ke bentuk teks. Sejauh apa kita semua dapat bergerak dalam ruang teks dan selanjutnya dijabarkan melalui beraneka ragam cerita.

Terdapat 15 penulis yang mengirimkan karya di projek ini. Setiap penulis ini mempunyai kekhasan masing-masing. Hal ini tampak pada bentuk dan cara bertuturnya. Tema-tema yang tercipta juga bermacam-rupa.


Projek ini kami ciptakan bertujuan antara lain, dan yang paling utama, ada dua hal yakni, pertama menciptakan ruang bagi mahasiswa untuk meluapkan segala emosi dan imajinasi yang bersarang di kepalanya. Sebab, di masa hari ini dapat kita ketahui semua, ide-ide selalu berakhir tragis di dalam otak dan selalu selesai hanya di tataran wacana saja. 


Kedua, persis apa yang pernah dikatakan oleh Pram, bahwa bila kita tidak menulis maka kita semua akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah. Bahwa menulis itu penting dan pengarsipan tulisan adalah bekerja untuk 'keabadian'.

Kami mengandaikan bahwa projek ini dapat membangkitkan kegiatan penulisan di lingkungan kampus. Jika memang benar kita konsisten di wilayah-wilayah rekam gambar dan suara, mau tidak mau, sastra –arti luasnya yang berkaitan dengan semua teks ataupun lisan, mutlak dibutuhkan. Bagaimanapun, teks atau naskah merupakan pondasi utama sebelum bergerak mendalam-jauh ke tahapan-tahapan selanjutnya.


Februari 2015


No comments:

Post a Comment