Saturday 4 October 2014

(9) Pulang Ke Mana


 
Kamu tahu tidak tempat terbaik untuk pulang?
Jika kamu tahu bolehkah aku diberitahu?
Aku sedang bingung. Semenjak malam tadi aku mencari. Jawaban tidak kunjung ditemu. Aku terpaksa menunda tidur.
Jika kamu tahu bolehkah aku diberitahu? Tempat pulang terbaik disaat semua sudah habis-sehabis-habisnya. Dimana itu?
Aku lelah pada setiap malam selalu menunda tidur hanya karena bingung ingin tahu tempat terbaik untuk pulang disaat segalanya sudah hilang. Aku capek ketika bicaraku bertanya kepada orang-orang beruban tak kunjung berjawab.
Kamu tahu tidak aku sudah bosan bertanya. Sementara rasa ingin tahuku sudah menjadi benalu di dasar kepala.
Barangkali, kali ini aku perlu dibangunkan dari rasa malas agar segera beranjak dari kenyamanan mempertanyakan sesuatu yang tak berjawab.
Barangkali, malam ini aku akan mengajukan pertanyaanku kembali padamu.
Barangkali, aku tak akan melibatkan siapapun bahkan orang-tuaku sekalipun dalam menjawab tanyaku.
Barangkali, aku akan mengajakmu keluar setelah malam ini, menemani mencari tempat itu, atau menemani membangun tempat itu.
Atau barangkali, kamu adalah tempat itu, pulang dengan sukacita. Pulang dengan rasa syukur tiada terkira.
Ah, aku benar-benar sangat lelah, apa wajahmu dapat kujadikan tempat pulang sejenak untuk kepalaku?

(Muhamad Erlangga Fauzan)


No comments:

Post a Comment